Cara Mengobati Hipertiroid Dengan Cepat Secara Alami

Cara Mengobati Hipertiroid Dengan Cepat Secara Alami – Penyakit hipertiroid pastinya akan sangat mengganggu dalam kehidupan Anda, hipertiroid termasuk kondisi yang cukup sering dialami oleh masyarakat Indonesia disemua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Cara Mengobati Hipertiroid Dengan Cepat Secara Alami

Hipertiroid dalam kondisi dan dalam waktu tertentu dapat menjdai kronis dan bila sudah kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang lebih serius lagi, tentunya pengobatan harus segera dilakukan sebelum menjadi kronis dan memperburuk keadaan.

Penyakit hipertiroid atau Hipertiroidisme merupakan penyakit kelenjar tiroid yang disebabkan karena terlalu aktif memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Tanda-tanda dari kelenjar tiroid memproduksi hormon berlebih ialah metabolisme tubuh yang meningkat (hipermetabolisme) dan serum hormon tiroid bebas yang tinggi, untuk mengetahui serum hormon tiroid tinggi harus dengan pemeriksaan darah.

Berbagai gejala hipertiroid dapat dirasakan antara lain seperti leher membengkak karena memang letak dari kelenjar tiroid sendiri berada di dalam tenggorokan atau leher. Kelemahan yang dirasakan pada badan dapat dirasakan, keringat berlebih dan denyut jantung tidak teratur dapat terjadi ketika mengalami hipertiroid.

Ada juga yang mengalami sulit tidur yang terpengaruh oleh keadaan hormon tiroid yang tidak seimbang. Mual dan muntah bisa mengalaminya pada sebagian orang dan juga bisa mengalami rambut rontok hingga perkembangan payudara pada pria yang tidak seimbang atau ginekomastia.

Penyakit hipertiroid yang dibiarkan dan tidak mendapatkan penangan dan pengobatan serius dapat mengakibatkan fibrilasi atrium dan aritmia yang bisa berujung pada penyakit stroke. Tidak hanya itu, penyakit hipertiroid juga bisa menyebabkan osteoporosis hingga gagal jantung kongestif dan bukan tidak mungkin menjadi acaman jiwa karena bisa berujung pada kematian.

Cara Mengobati Hipertiroid Dengan Cepat Secara Alami


Oleh karena itu pengobatan harus segera dilakukan untuk menghindari dari berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan dari penyakti hipertiroid yang parah. Jangan tunggu penyakit hipertiroid menjadi parah dan berujung pada komplikasi yang membahayakan.

Mengkonsumsi obat-obatan dapat diberikan yang digunakan untuk menekan produksi hormon tiroksin dan triiodotironin. Biasanya thionamide digunakan sebagai obat hipertiroid yang berjenis carbimazole dan propylthiouracil. Efektifnya obat tersebut dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama sekitar 1-2 bulan rutin.

Bila sudah ada perubahan dosis obat thionamide harus dikurangi karena terdapat beberapa efek samping yang bisa terjadi seperti pusing-pusing, mual, timbul rasa sakit pada persendian, perut terasa sakit dan bisa menimbulkan ruam pada kulit yang terasa gatal. 

Jenis obat hipertiroid lainnya untuk mengobati hipertiroidi adalah obat antitiroid seperti methimazole (Tapazole) dan propylthiouracil (PTU). Kegunaan dari obat-obatan tersebut bertujuan untuk menghambat produksi hormon tiroid. Propylthiouracil (PTU) juga dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan dari hipertiroid.

Namun ada risiko bisa mengonsumsi obat ini yaitu terjadinya penekanan sumsum tulang (agranulositosis). Sumsum tulang berguna untuk memproduksi sel darah putih, sel darah putih tersebut merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Bila sumsum tulang terjadi penekanan dapat mengganggu kemampuan melawan infeksi dan tubuh rentan mengalami infeksi.

Bahan-bahan alami seperti tumbuhan lemon balm atau melissa officinalis dapat digunakan untuk mengobati hipertiroid kegunaannya dapat membantu menormalkan situasi tiroid yang terlalu aktif dengan cara menurunkan kadar TSH. Selain itu ternyata tumbuhan lemon balm ini dapat memblokir aktivitas antibodi yang dapat mencegah terjadi penyakit tiroid.

Tanaman sejenis mint dan masuk ke dalam keluarga mint yaitu motherwort atau yang juga dikenal dengan nama leonurus cardiaca. Obat hipertiroid dari jenis tanaman ini efektif dalam mengobati hipertiroid. Hal itu karena dapat bertindak sebagai beta-bloker alami dan mencegah takikardia atau denyut jantung tinggi dan jantung berdebar.

Penyakit hipertiroid yang dibiarkan dan tidak mendapatkan penangan dan pengobatan serius dapat mengakibatkan fibrilasi atrium dan aritmia yang bisa berujung pada penyakit stroke. Tidak hanya itu, penyakit hipertiroid juga bisa menyebabkan osteoporosis hingga gagal jantung kongestif dan bukan tidak mungkin menjadi acaman jiwa karena bisa berujung pada kematian. Oleh sebab itu secepatnya untuk mengobati hipertiroid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *